Jumat, 20 April 2012

Cara menginput PPN di uang muka

minggu lalu salah satu customer kami, mengalami kesulitan dalam menginput PPN pada transaksi uang muka.
berikut ini adalah tips dan trik yang diberikan oleh Aryanto (implementor) :

contoh :
PT. Senang Setuju ingin melakukan Down Payment sebesar Rp 100.000 + Rp 10.000 (PPN) sebelum barang diterima, dan belum menerima tagihan sebesar Rp 400.000 + Rp 40.000 (PPN)  dari supplier.
Pada saat membayar down payment, PT senang Setuju juga membayar PPN.
Pertanyaannya bagaimana menginput uang muka sekaligus PPN secara bersamaan ?

Jawaban,

1. Input transaksi melalui Jurnal voucher :
  
   uang muka Pembelian (Debit)       100.000         
   VAT In  (Debit)                                     10.000
        Cash\Bank  (Kredit)                               110.000


2. Buat non inventory part dengan akun link ke uang muka pembelian
   bertujuan untuk menarik akun uang muka di Faktur pembelian

**** Barang sampai berikut tagihannya

3. Input ke Porgram melealui faktur pembelian
    3.1 Menginput barang seharga Rp 400.000 + Rp 40.000 (PPN) yang telah sampai
        3.2 Menginput Non inventory yang sudah di link ke akun uang muka pembelian
        3.3  dan yang paling penting adalah menginput - 100.000 + (-10.0000 PPN)
            pada kolom uang muka pembelian (non inventory) pada unit price sehingga di faktur hanya terjumlah Rp 330.000,-

   Jurnal
  
    Inventory  (Debit)                  400.000
         Uang muka pembelian (Kredit)                 100.000
    Vat in (Debit)                         30.000
         Hutang (Kredit)                                      330.000

Selamat mencoba ....


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Mencatat Pembayaran Uang ke Supplier yang telah Dipotong

Walaupun sudah sering dibahas di milist ACCURATE maupun di media lain, namun masih banyak customer ACCURATE yang kesulitan mencatat transaksi tersebut diatas.
Sebagai contoh transaksi:
PT. Abadi hanya membayar ke supplier sebesar Rp. 10.000.000,- dari total tagihan senilai Rp. 13.000.000.-
Selisihnya dikarenakan PT. Abadi memotong untuk:
1. PPh Jasa Rp. 2.950.000.-
2. Biaya Transfer Bank Rp. 40.000,-
3. Pembulatan Rp. 10.000,-
Sehingga total potongan adalah Rp. 3.000.000,-

Apakah Anda tahu bagaimana TRIK-nya untuk hal tersebut diatas?
TRIK-nya adalah sebagai berikut:
1. Sebelumnya buatlah akun untuk PPh jasa yang dipotong dan biaya transfer bank.
Biasanya akun untuk PPh jasa tersebut adalah “Tax Payable PPh …” di tipe akun
“Hutang Lancar Lainnya/Other Current Payable” dan akun untuk biaya transfer bank
adalah “Adm. Bank” di tipe akun “Beban/Expense”.
2. Klik “Aktifitas/Activity”, klik “Pembelian/Purchase”, geser ke kanan, klik
“Pembayaran Pemasok/Vendor Payment”.
3. Setelah Anda memilih customer dan memasukkan data-data lain yang dibutuhkan, klik
kolom “Pay” di bagian invoice yang akan dibayar.
4. Arahkan kursor ke kolom “Payment Amount” dan klik kanan, pilih “Diskon/Info Write-
Off/Discount/Write Off Info”.
5. Di Windows “Informasi Diskon/Discount Information”, masukkan nilai PPh Jasa yaitu
2.950.000 di baris “Jumlah Diskon/Discount Amount”. Pilihlah akun “Tax Payable
PPh…” di baris “Akun Diskon/Discount Account”, kemudian klik kotak yang bertanda
“+”.
6. Masukkan lagi nilai Biaya Transfer Bank yaitu 40.000 di baris “Jumlah
Diskon/Discount Amount”. Pilihlah akun “Adm. Bank” di baris “Akun Diskon/Discount
Account”, kemudian klik lagi kotak yang bertanda “+”.
7. Masukkan nilai Pembulatan yaitu 10.000 di baris “Jumlah Diskon/Discount Amount”.
Pilihlah akun “Other Exp” di baris “Akun Diskon/Discount Account”. Kemudian klik
kotak “OK”.
8. Kemudian klik kotak “Simpan & Tutup/Save & Close”.
9. ACCURATE akan membuat jurnal sebagai berikut:
Debet : Account Payable 13.000.000
Credit : Cash/Bank 10.000.000
Credit : Tax Payable 2.950.000
Credit : Adm. Bank 40.000
Credit : Other Exp. 10.000


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Cara Mengoreksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing yang telah Selesai/Finished – Alokasi ke Barang

Penulis pernah mendapat pertanyaan dari salah satu customer saat Penulis memberikan Training ACCURATE di kantor mereka.
Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara untuk mengoreksi pembiayaan pesanan yang telah selesai?”
Customer ini ingin mengoreksi pembiayaan pesanan karena ada detail barang yang salah dimasukkan.
Dia sudah mencoba untuk langsung meng-edit di daftar pembiayaan pesanan yang berstatus “Selesai/Finished”, namun tidak bisa. ACCURATE memunculkan warning, “Data tidak dapat diubah/Cannot edit this data”.

Apakah Anda tahu bagaimana Trik-nya untuk hal tersebut diatas?
Trik-nya adalah sebagai berikut:
1. Klik “Daftar/List”, klik “Persediaan/Inventory“, geser ke kanan, klik
“Penyesuaian/Adjustment”.
2. Di “Filter Tanggal/Filter by Date”, pilihlah tanggal berapa pembiayaan
pesanan/job costing tersebut diselesaikan/finished.
3. Centanglah kotak “Nilai/Value” saja di bawah tulisan “Tipe
Penyelesaian/Adjustment Type”.
4. Sorotlah transaksi pembiayaan pesanan/job costing yang bersangkutan, klik kanan
dan klik kata “Hapus/Delete”.
Yang dihapus adalah transaksi penyelesaian Pembiayaan Pesanan/Job Costing.
5. Anda sudah bisa meng-edit transaksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing tersebut.
(Trik ini digunakan untuk transaksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing yang
Alokasinya adalah ke Barang. Untuk yang alokasinya ke akun, akan dibahas di tips
dan trik berikutnya).


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Cara Mengoreksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing yang telah Selesai/Finished – Alokasi ke Akun

Penulis pernah mendapat pertanyaan dari salah satu customer saat Penulis memberikan Training ACCURATE di kantor mereka.
Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara untuk mengoreksi pembiayaan pesanan yang telah selesai?”
Customer ini ingin mengoreksi pembiayaan pesanan karena ada detail barang yang salah dimasukkan.
Dia sudah mencoba untuk langsung meng-edit di daftar pembiayaan pesanan yang berstatus “Selesai/Finished”, namun tidak bisa. ACCURATE memunculkan warning, “Data tidak dapat diubah/Cannot edit this data”.

Apakah Anda tahu bagaimana Trik-nya untuk hal tersebut diatas?
Trik-nya adalah sebagai berikut:
1. Klik “Daftar/List”, klik “Buku Besar/General Ledger“, geser ke kanan, klik “Bukti
Jurnal Umum/Journal Vouchers”.
2. Di “Filter Tanggal/Filter by Date”, pilihlah tanggal berapa pembiayaan
pesanan/job costing tersebut diselesaikan/finished.
3. Centanglah kotak “Barang Roll Over/Roll Over Goods” saja di bawah tulisan
“Tipe/Type”.
4. Sorotlah transaksi pembiayaan pesanan/job costing yang bersangkutan, klik kanan
dan klik kata “Hapus/Delete”.
Yang dihapus adalah transaksi penyelesaian Pembiayaan Pesanan/Job Costing.
5. Anda sudah bisa meng-edit transaksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing tersebut.
(Trik ini digunakan untuk transaksi Pembiayaan Pesanan/Job Costing yang
Alokasinya adalah ke Akun. Untuk yang alokasinya ke Barang, telah dibahas di tips
dan trik sebelumnya).


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com

Mencatat Nilai PPh 21 Terutang di Transaksi Pembayaran Gaji

Penulis pernah mendapat pertanyaan dari salah satu customer saat Penulis memberikan Training ACCURATE di kantor mereka.
Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara untuk mencatat nilai PPh 21 terutang di transaksi pembayaran gaji di Other Payment di ACCURATE?”

Sebagai contoh transaksi :
Customer ini (PT. Maju) membayar gaji untuk semua karyawannya secara total Rp. 45 juta di Februari 2009.
Angka tersebut dipotong oleh perusahaan sebagai PPh 21 terutang sebesar Rp. 6,5 juta.
Sehingga Perusahaan tersebut mengeluarkan gaji dari bank mereka sebesar Rp. 38,5 juta.

Apakah Anda tahu bagaimana Trik untuk mencatat transaksi tersebut di Other Payment di ACCURATE?
Trik-nya adalah sebagai berikut:

1. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah membuat akun “Biaya Gaji”
di tipe akun = “Beban/Expense” dan akun “Hutang PPh 21” di tipe akun = “Hutang
Lancar Lainnya/Other Current Payable”.
2. Klik “Aktifitas/Activities”, klik “Kas & Bank/Cash & Bank“, geser ke kanan, klik
“Pembayaran Lain/Other Payment”.
3. Setelah Anda mengisi nama kas/bank, no. voucher, tanggal transaksi dan lain
sebagainya, di kotak “Account No.”, pilihlah akun “Biaya Gaji”.
4. Masukkan nilainya yaitu 45.000.000.
5. Kemudian di baris kedua, pilihlah akun “Hutang PPh 21” di kotak “Account No.”.
6. Masukkan nilainya “-6.500.000”.
7. Klik kotak “Hitung/Recalc” dan klik “Simpan & Tutup/Save & Close”.
8. ACCURATE otomatis akan membuat jurnal sebagai berikut :
Debet : Biaya Gaji 45.000.000
Kredit : Bank 38.500.000
Kredit : Hutang PPh 21 6.500.000

Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com