Jumat, 20 April 2012

Proses Retur Dengan Barang dan Harga yang Berbeda

Proses Retur Dengan Barang dan Harga yang Berbeda

Setiap Perusahaan selalu melakukan transaksi seperti biasa kepada customer.
Misalnya : Penjualan, Penagihan  Piutang, sampai  Retur Barang

Pada saat proses retur, ada customer yang langsung menukar dengan barang yang sama atau dengan memotong jumlah tagihannya pada saat penagihan.
Ada juga yang langsung menukar barang dengan barang yang lebih tinggi spesifikasinya (Upgrade) atau dengan barang yang berbeda dengan sehingga customer tersebut langsung membayar selisihnya saja.


Berikut ini adalah langkah-langkah bila ada customer yang ingin melakukan “Upgrade” dengan barang yang berbeda.

Contoh: Customer PT Vier melakukan pembelian Memory VGEN 256MB senilai 1.090.000 (Vier sudah membayar lunas)
Lalu sekitar 3 bulan kemudian PT Vier ingin melakukan Upgrade Memory tersebut menjadi VGEN 512mb senilai 1.140.000

Pertama-tama kita buat pencatatan penjualan seperti biasa seolah-olah PT Vier melakukan pembelian.
Sales – Sales Invoice
Lalu akan muncul tampilan seperti ini :



Pilih Barang yang akan diretur kembali kepada kita yaitu VGEN 256MB, kenapa kita harus mencatat retur PT Vier? Karena retur yang dilakukan otomatis menambah stok barang kita secara fisik, maka di program harus ditambahkan juga stoknya dengan mencatat retur.
Activities – Sales – Sales Return




Catat Seolah-olah customer tersebut membayar kita,
INGAT!! Tampung pembayaran tersebut di dalam ayat silang atau Bank Transfer (Pos Silang)
Sales – Customer Recipt





Setelah itu kita catat uang yang kita terima dari customer (selisih yang dibayarkan oleh customer) di dalam Jurnal Voucher
General Ledger – Journal Voucher


Lalu isikan Jumlah nominal uang yang kita terima dari PT Vier
Contoh : “Cash Rupiah” Debit, jangan lupa isi kolom description / keterangan  secara lengkap agar pada saat laporan tidak membingungkan. Lalu karena kita tadi menampung pembayaran di dalam Ayat Silang atau Bank Transfer(Pos Silang) IDR, maka ayat silang tersebut di sebelah Credit.

Inilah cara untuk retur dengan barang dan harga yang berbeda.
Accurate Accounting Software dapat memberi kemudahan bagi setiap transaksi anda.


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com