Jumat, 20 April 2012

PEMBELIAN AKTIVA TETAP (KREDIT tanpa BUNGA) / ACCURATE 4


 

Pada saat saya implementasi di tempat customer, ada pertanyaan seperti ini :
Bagaimana mencatat transaksi pembelian aktiva tetap secara kredit (Tanpa bunga) dengan menggunakan Accurate Versi 4...??

 Berikut ini adalah langkah langkah yang harus dilakukan :

  1. Dari menu utama , masuk ke Activites --> Purchase --> Purchase Invoice

  1. Di form purchase invoice , pilih vendor (vendor dalam kasus ini adalah vendor tempat kita membeli aktiva tetap tersebut) dan no invoice.

Tapi, setelah itu jangan mengisi detil invoice dengan item, melainkan pilih bagian expense / beban.  Pada bagian expense / beban , isi dengan akun Transaksi Aktiva Tetap beserta dengan nilai aktiva yang dibeli (Jika akun Transaksi Aktiva Tetap belum ada, akun tersebut harus dibuat dulu dengan tipe akun Aktiva Lancar Lainnya ). Setelah itu save purchase invoice tersebut.



  1. Setelah itu masuk  menu Activites --> New Fixed Asset ,
lalu isi Asset Code , Aset Type, Acquisition Date  (tgl pmbelian), Usage Date, Asset Description , Quantity , Estimated Life (Tahun Penyusutan), Depreciation Method, Accumulated Depreciation Account  dan Depreciation Expense Account. Jika Aktiva Tetap tersebut terkena pajak , jangan lupa centang bagian check box Fiscal Fixed Asset.





  1. Sebelum di save , masuk  ke bagian Expenditure/ Pengeluaran , isi dengan akun Transaksi Aktiva Tetap beserta dengan nilai aktiva yang dibeli , setelah itu save.




  1. Selanjutnya saat hendak melakukan pembayaran terhadap pembelian aktiva di atas, masuk ke menu Activities à Purchase à Purchase Payment .
Di form Purchase Payment pilih vendor tempat kita membeli aktiva tetap tersebut (lalu otomatis akan muncul list invoice yang belum lunas dari vendor tersebut). Jangan lupa  isi Bank yang akan digunakan untuk membayar, setelah itu  centang kolom Pay di invoice yang bersangkutan dan masukkan payment amount (jumlah yang hendak dibayar). Setelah itu simpan pembayaran tersebut.






Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com